-->

 

Rabu, 18 September 2024, bertempat di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Wali Kota Banjarmasin diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, SH, MM dan DPRD Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2023 dari Menteri LHK ibu Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD atas keberhasilannya dalam menerapkan kebijakan dan program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun sebelumnya.

Sejak tahun 2017 dokumen ini dipertandingkan atau dilombakan untuk memperoleh penghargaan NIRWASITA TANTRA, sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Setelah melalui penilaian dari dokumen yang dikirim oleh daerah, Tim Panelis kemudian melaksanakan wawancara kepada kepala daerah yang dinilai telah layak untuk mendapatkan anugerah Nirwasita Tantra, berdasarkan dokumen yang dikirimkan.

Berbeda dengan penghargaan ADIPURA, penilaian penghargaan ini berbasis pada portofolio berkas Laporan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD). Maka setiap daerah berusaha untuk menampilkan laporannya sebaik mungkin, demikian juga Kota Banjarmasin.

Selain menampilkan profil data kinerja pengelolaan lingkungan hidup, dokumen tersebut juga mewajibkan adanya penyaringan tentang isu-isu lingkungan hidup daerah dan analisis hubungan kausalitas antara unsur-unsur penyebab terjadinya persoalan lingkungan hidup, status, dan upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Salah satu bagian menarik dari dokumen IKPLHD adalah inovasi kepala daerah yang terkait dengan lingkungan hidup. Inovasi ini berupa inisiatif yang dilakukan oleh kepala daerah dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup sebagai respon terhadap isu-isu lingkungan hidup yang muncul di masyarakat. 

Penghargaan yang pernah diterima kota Banjarmasin:

a.  Tahun 2022:

Piagam penghargaan Nirwasita Tantra kepada Kota Banjarmasin sebagai Terbaik V kriteria Pemerintahan Daerah Kategori Kota Besar (Dok IKPLHD Tahun 2021 data Tahun 2020)

b.  Tahun 2023:

-   Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra kepada Kota Banjarmasin sebagai entitas Pemerintahan kategori Kota Besar Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2022

-   Trofi penghargaan Green Leadership untuk DPRD kategori Kota Besar Kota Banjarmasin

-   Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra kepada DPRD Kota Banjarmasin sebagai DPRD kategori Kota Besar Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2022

c.  Tahun 2024

-   Trofi dan Piagam Penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra’ Tahun 2023 untuk Kepala Daerah Tingkat Kota kategori Kota Sedang kepada Wali Kota Banjarmasin

-   Trofi dan Piagam Penghargaan Penerima Penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra’ Tahun 2023 untuk Pimpinan DPRD Tingkat Kota kategori Kota Sedang kepada DPRD Kota Banjarmasin



dilaporkan oleh:

Lathifah Rusyda, Pedal

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top