-->

Proses pendaftaran ProKlim untuk penilaian tahun 2023 telah ditutup pada tanggal 15 Mei 2023 pukul 16.00 WIB, bagi lokasi yang menginput data pada SRN-PPI setelah tanggal tersebut akan disertakan pada penilaian ProKlim tahun 2024. Pada tahun ini Kota Banjarmasin mengusulkan 28 lokasi ProKlim.

Berdasarkan Surat dari Plt. Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Dirjen PPI KLHK Nomor.S.84/API/PVAPI/PPI.0/6/2023 perihal Pelaksanaan Verifikasi Lokasi ProKlim tahun 2023 bahwa hasil deskreview terhadap usulan lokasi ProKlim melalui SRN-PPI yang telah disampaikan oleh Balai PPI tercatat 613 lokasi yang memenuhi kriteria sebagai nominasi ProKlim Utama dan 27 lokasi memenuhi kriteria sebagai nominasi ProKlim Lestari.

Dalam lampiran surat tersebut Kota Banjarmasin masuk dalam daftar 1 lokasi untuk nominasi ProKlim Lestari yaitu RW 02 Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara dan nominasi ProKlim Utama sebanyak 23 lokasi.

Adapun 23 lokasi yang masuk nominasi ProKlim Utama adalah RW 02 Mawar, RW 01 Kelayan Barat, RW 01 Pelambuan, RW 01 Pengambangan, RW 02 Kelayan Dalam, RW 04 Pemurus Dalam, RW 02 Murung Raya, RW 01 Kuin Selatan, RW 02 Kuripan, RW 01 Melayu, RW 02 Gadang, Kelurahan Pasar Lama, RW 01 Sungai Baru, Kelurahan Kertak Baru Ulu, RW 02 Kuin Cerucuk, RW 03 Kuin Cerucuk, RW 01 Kelayan Tengah, RW 01 Kertak Baru Ilir, RW 03 Basirih, RW 01 Surgi Mufti, RW 02 Kelayan Selatan, RW 01 Mantuil dan RW 02 Antasan Besar.

Lokasi lainnya yang juga diusulkan yaitu RW 01 Sungai Andai, RW 02 Sungai Andai, RW 01 Karang Mekar dan RW 01 Telawang mendapatkan ProKlim kategori Madya.

Untuk mengonfirmasi setiap aksi adaptasi dan mitigasi yang terdata pada aplikasi SRN dengan yang ada di lapangan, ke-24 lokasi yang masuk Nominasi ProKlim Lestari dan ProKlim Utama tersebut akan diverifikasi, dan untuk mempersiapkan verifikasi lapangan tersebut, pada hari Selasa 11 Juli 2023 DLH Kota Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan pembinaan yang dihadiri oleh Penggiat ProKlim dari lokasi yang diusulkan, Lokasi ProKlim binaan dan Lurah yang lokasinya akan diverifikasi.

Kegiatan pembinaan dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love, S.IP.  Materi pembinaan disampaikan oleh Kabid Tata Lingkungan Kota Banjarmasin Dwi Naniek Muhariyani, ST, MT,   sebagai narasumber beliau memberikan strategi inovasi pada MAPI yang bisa dikembangkan di lokasi ProKlim.

Kepala Seksi Kemitraan DLH Provinsi Kalsel,  Hj Hariyanie, SE, MM yang juga sebagai narasumber membagikan pengalaman beliau saat mendampingi verifikasi lapangan ProKlim, beliau menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan di lokasi ProKlim saat verifikasi lapangan.

Berdasarkan surat dari Kepala BPI Wilayah Kalimantan Nomor S.223/BPPI-KAL/PI/PPI.0.3/7.2023 perihal Pelaksanaan verifikasi Lokasi ProKlim tahun 2023, jadwal tentative pelaksanaan verifikasi lapangan akan dilaksanakan pada Minggu ke-2 Juli s/d minggu ke-4 Agustus 2023.  Untuk kota Banjarmasin sendiri verifikasi lapangan untuk nominasi ProKlim Utama dijadwalkan pada tanggal 1 s/d 12 Agustus 2023, sedangkan untuk nominasi ProKlim Lestari dijadwalkan pada tanggal 17 s/d 20 Agustus 2023.


                                                                                                        Lathifah Rusyda

                                                                                                        Pengendali Dampak Lingkungan Kota Banjarmasin


 

 










 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top