-->

Adipura merupakan salah satu instrument KemenLHK di atas kaidah good enviromental governance mencakup pengelolaan sampah, pengurangan dan penanganan sampah, serta mendorong terwujudnya kota-kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijua dan sehat namun harus berkelanjutan.

Dengan anugerah Adipura 2017, tercatat sudah tiga kali berturut-turut Kota Banjarmasin meraih supremasi pengelolaan kebersihan kota tersebut. Sebanyak sembilan kota di Kalimantan Selatan dikabarkan mendapatkan penghargaan supremasi tertinggi kebersihan, Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup. Kota-kota yang mendapatkan Adipura tersebut yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Rantau, Pelaihari, Barabai, Marabahan, Tanjung dan Kandangan.

Kategori Adipura yang diterima Kota Banjarmasin adalah Adipura Kirana. Ada lima kategori Adipura, yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna.
  1. Adipura Buana diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.
  2. Adipura Kirana penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.
  3. Adipura Karya menggabungkan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk produktif city, penciptaan lapangan kerja, pendidikan kesehatan, transportasi masal ramah lingkungan dan jaringan kerjasama antar daerah.
  4. Adipura Bhakti untuk menganugerahkan Walikota/Bupati terbaik yang progresif, kolaboratif dan kreatif.
  5. Adipura Paripurna merupakan penghargaan bagi Kota/Kabupaten dengan pencapaian minimal dua kategori dari beberapa kategori.
Penyambutan piala Adipura akan dilakukan mulai dari jalan A. Yani Km. 6 oleh pasukan kuning, kemudian disambut drumband didepan kantor pos besar jalan Lambung Mangkurat dan berjalan kaki menuju siring Balaikota Banjarmasin. Sesampainya disiring Balaikota akan dilaksanakan acara seremonial.

Wakil Walikota Banjarmasin menerima penghargaan Adipura Kencana Tahun 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI


Wakil Walikota Banjarmasin, Kadis Lingkungan Hidup dan Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah sedang berfoto bersama Piala Adipura Kencana 2017

Piala Adipura sedang diarak masuk Kota Banjarmasin


Ketiga Piala Adipura sedang disandingkan didepan Balaikota Banjarmasin

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top