-->


Pengertian Taman Kota sangat banyak, luas dan beragam adanya. Namun dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa Taman Kota merupakan suatu kawasan ruang terbuka hijau di Wilayah Perkotaan, lengkap dengan segala fasilitasnya untuk kebutuhan masyarakat kota sebagai tempat rekreasi aktif maupun pasif. Disamping sebagai tempat rekreasi warga kota, sebagai paru-paru kota, juga sebagai pengendali iklim mikro, konservasi tanah dan air, serta merupakan habitat berbagai flora dan fauna terutama burung (Putu Rumawab Salain, 2003).


Taman Kota berdasarkan alktifitasnya, terdiri dari :
  1.  Taman untuk rekreasi aktif dan pasif
RTH Kamboja

Lapangan Kamboja yang semula merupakan tempat kuburan atau pemakaman kristen, sekarang   dialih lahan menjadi Ruang Terbuka Hijau kamboja oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

RTH  yang  didominansi tanaman dan tumbuhan yang banyak berpengaruh  pada   kualitas   udara   kota.   Tanaman  dapat  menciptakan   iklim  mikro,  yaitu  penurunan   suhu   sekitar,  kelembaban   yang   cukup,  kadar  oksigen  yang bertambah. Dengan adanya ruang terbuka hijau ini Kota Banjarmasin yang berstatus sebagai kota yang sangat sibuk dan padat salah satunya aktivitas jalan kota yang di dominasi oleh kendaraan bermotor tentu akan sangat berperan sebagai penetral polusi udara yang di timbulkan oleh aktivitas tersebut. Disamping fungsi utama yang umum sebagai ruang terbuka hijau dalam kurun waktu hingga kini  Taman Kamboja terkadang di gunakan masyarakat, komunitas atau lembaga tertentu untuk mengadakan kegiatan berolahraga,senam atau sekedar pertemuan santai atau beristirahat, hal tersebut berdampak pada aktivitas yang memerlukan ruang terbuka yang  cukup luas dan nyaman. Maka dari itu fasilitas di RTH ini bukan lagi hanya sekedar tumbuhan hijau atau tanaman bunga melainkan beberapa permainan anak, jogging trek, tempat duduk, area terbuka yang cukup dan nyaman, MCK  dan fasilitas perpustakaan sehingga RTH ini ramah dan sangat bersahabat untuk semua kalangan bahkan untuk kaum disabilitas sekalipun. Ada juga atraksi air mancur menari yang menambah daya tarik hiburan masyarakat Kota Banjarmasin khususnya dan masyarakat luar pada umumnya. Untuk kedepannya RTH Kamboja akan menambah beberapa fasilitas dan memperbaiki fasilitas yang rusak seperti penambahan zona taman bunga, zona olahraga, zona plaza, zona kolam dan zona jogging track.

 

 

 

Rani Wulandari, ST
Kasi Pertamanan dan Pemakaman
Mei 2020



 

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top