-->

        Kota Banjarmasin telah berhasil dalam penerapan green and clean dan perwujudan eco city dengan berbagai penghargaan yang telah diraih berturut-turut, diantaranya penghargaan Adipura sejak tahun 2015 hingga tahun 2019, Adiwiyata, Kalpataru, taman vertical dengan jenis tanaman terbanyak dan penghargaan lainnya. Semua keberhasilan tersebut didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang sangat handal dalam menangani kebersihan Kota Banjarmasin.

        Sistem penyapuan jalan merupakan sistem penanganan kebersihan kota dari limbah sampah utamanya timbul dari sampah yang terdapat di sekitar jalan. Sistem penyapuan ini dikelola oleh Seksi Kebersihan yang merupakan salah satu seksi dari Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

A. Sistem Penyapuan Jalan
    -  Penyapuan oleh Petugas
        Penyapuan jalan-jalan arteri yang ada di Kota Banjarmasin dilakukan secara individual di masing-         masing lokasi tugas dengan menggunakan sapu yang kemudian dikumpulkan ke Tempat                         Pembuangan Sementara (TPS) terdekat

     - Mobil Sweeper
        Penyapuan jalan-jalan arteri juga dilakukan oleh Mobil Sweeper di beberapa titik lokasi

      - Ruas Jalan A. Yani
        Ruas jalan A. Yani dari Km. 1 sampai dengan Km. 6 dilakukan penyapuan pada kedua bagian ruas         jalan baik kiri maupun kanan dengan jumlah petugas yang bervariasi.

B. Lokasi dan Petugas Penyapuan
     Penyapuan dilakukan mencakup 105 ruas jalan dengan tenaga petugas kebersihan terdiri dari :
     -  493 orang petugas penyapuan jalan & lingkungan
     -  30 orang pengawas
     -  10 orang operator mobil sweeper

Mushairi, S.Sos
Kasi Kebersihan Jalan dan Lingkungan
September 2020








0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top