-->

 TPS  - Tempat penampungan sampah

Apa itu...?

TPS adalah tempat penampungan sementara sampah sebelum diangkut ke TPA atau Tempat Pemrosesan Akhir.

TPS adalah suatu wadah yang keberadaannya untuk menampung sampah warga di sekelilingnya atau sekitarnya, baik itu lokasi dan kapasitasnya menyesuaikan dengan jumlah potensi sampah warganya.

Prakata

Banjarmasin dengan usia kota 494 th   sudah tua  memang. Kota yang lahir dan tumbuh mengikuti alur kehidupan masyarakatnya apa adanya sesuai dengan karakteristik sebuah kota yaitu bangunan dan tempat tinggal berada di pinggiran sungai dengan jumlah sungai yang dominan di wilayah kota sehingga sampai sekarang dijuluki kota seribu sungai.

Nah sekarang  permasalahan sebuah kota yang tua akan muncul di mana kota dengan Segala perkembangannya harus didukung dengan fasilitas2 yg melengkapi sebuah kota yang ideal.

Fasilitas itu salah satunya adalah TPS, akhirnya memang pemerintah kota banjarmasin membuat tps tps yang bersinggungan dengan pemukiman dan fasilitas jalan yang berpotensi menimbulkan masalah.

Permasalahan permasalahan di tps sekrng khususnya untuk jumlah dan kapasitas sudah tidak ideal.  Jumlah tidak mewakili sebaran apalagi kapasitasnya banyak yang sudah overload. Belum lagi permasalahan pasca itu misalnya keberadaan pemulung di TPS dan perilaku warga sendiri yang membuang bukan pada tempat dan waktu yang ditentukan.

Dengan jumlah tps sekarang kurang lebih 100 buah dirasakan kurang maka idealnya adalah ditambah 100 lagi untuk mencoba layanan2 sampah warga.

Permasalahan permasalahan tps itu sendiri di beberapa tps beragam dan yang paling banyak adalah  kapasitas atau daya tampung dan keberadaan  lokasi, dua permasalahan di atas terus menerus terjadi dan upaya2 yang  dilakukan bisa kita gambarkan sebagai berikut :

Misalnya tps malkon temon, ukhuwah dan kelayan

Upaya untuk mengatasi permasalahan tps2 di malkon temon, lingkar dalam (ukhuwah) dan kelayan

  • Malkon temon
Tps di malkon temon dekat makam PANGERAN ANTASARI sejatinya adalah tps3r yang melayani sampah2 warga di sekitarnya. Proses berjalan sebagaimana mestinya fungsi dan layanan sebagaimana diatur maksimal 300 kk  dan terus berkegiatan memilah sampah dan proses pembuatan kompos.

Yang terjadi sekarang adalah ada 4 kelurahan yang warganya ikut membuang ke sana dan pada akhirnya menjadi overload sehingga banyak sampah yang tidak mampu dipilah oleh KSM di sana

Pengangkutan sudah selesai pada jam 8 pagi

  • Ukhuwah
Terletak di jalan lingkar dalam menuju sekolah ukhuwah.  Di TPS ini lebih banyak lagi kelurahan yaitu 7 kelurahan yang berkontribusi membuang Di tps lingkar dalam ini dan upaya ini sama seperti yang ada di malkon temon  pengangkutan selesai pada jam 07.30

  • Kelayan

Layanan tps ini luar biasa dengan jumlah warga yang sangat padat dan sekitar 4 kelurahan

Pengangkutan selesai pada jam 06.00 pagi

Upaya :

Pertama  DlH terus berupaya koordinasi dengan kelurahan penumpang sampah di sana Mencari lahan di wilayah masing2

Kedua adalah upaya pola jemput bola untuk pengangkutan sampah warga yg berkontribusi membuang di sana dan di Anggaran belanja tambahan kita dlh sudah membeli angkutan kompektor mini yaitu armada khusus pengangkutan rumah  sebanyak 3 buah dan insyaallah tahun depan sudah operasi dan sekarang sambil  menunggu proses pendataan paman gerobak di wilayah tersebut untuk bersama sama dengan sistem pengangkutan yang dilakukan dengan armada yang baru.

Jadi DLH dalam pola manajemen persampahan diperlukan kerjasama yang bersinergi untuk manajemen tps dan pengangkutan dengan pihak2 terlibat adalah :

  • Kecamatan kelurahan upaya pendataan dan pencarian lahan dengan sosialiasi warganya dalam menyiapkan tps sendiri
  • Pihak RW/RT  pendataan paman2 gerobak untuk diarahkan dan dibina
  • PolPP penegakan perda
Demikian


                                                                                                                       Oktober 2020

                                                                                                                       By. JACK kalimpoenay

                                                                                                                       Marzuki arbainsyah halidi

                                                                                                                       Ka. KnPS DLH Banjarmasin




0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN © 2016-. All Rights Reserved. Presented to You. Powered by Blogger
Top